Selasa, 18 November 2014

4 Tips Memulai Bisnis sebagai Karyawan

Apa yang Anda pikirkan ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan selain dari rutinitas pekerjaan Anda sebagai karyawan? Beruntung kita hidup di zaman modern dan apapun bisa dilakukan dengan mudah. Kemampuan yang Anda tidak miliki dapat dipelajari dengan ikut menghadiri kursus, seminar atau pun belajar kepada yang ahli. Sebagai karyawan, Anda harus dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif jika menginginkan penghasilan tambahan. Salah satunya dengan merintis bisnis sampingan, bisa dengan modal kecil maupun modal besar yang terpenting adalah niat dan usaha. Pertama yang harus Anda pahami adalah setiap orang tentu memiliki peluang dalam melakukan suatu bisnis. Akan tetapi yang jadi pertanyaan, apakah setiap orang berani untuk bertindak dalam memulai suatu usaha. Tidak jarang pula, banyak calon pengusaha yang terlalu memikirkan berbagai resiko dari suatu bisnis tanpa belum berani memulai sehingga calon pengusaha mengurungkan niatnya untuk berbisnis. Oleh karena itu, semoga Anda yang ingin memulai usaha sampingan tidak terlalu berat memikirkan berbagai resiko ini itu, sebelum mengetahui seluk beluk bisnis tersebut.

Beberapa tips akan saya bagikan kepada Anda yang ingin memulai usaha sampingan tanpa harus meninggalkan posisi Anda sebagai karyawan.

1. Mengubah Sudut Pandang

Banyak dari pengusaha yang masih memiliki status sebagai karyawan memiliki perpekstif bahwa status karyawan menjadi penghambat untuk perkembangan bisnisnya. Tentu ini merupakan cara pandang yang salah dan perlu diubah. Karena, sebagai karyawan di perusahaan, Anda memiliki sumber dana tetap yang bisa meningkatkan pembiayaan bagi perkembangan usaha sampingan Anda. Apabila usaha Anda masih naik turun, tetaplah berusaha sehingga keuangan usaha Anda sehat sehingga dapat memilih untuk memfokuskan pada bisnis Anda.

2. Pengelolaan Keuangan Usaha

Walaupun usaha Anda belum mempunyai sistem keuangan yang bagus, alangkah baiknya jika sekarang saatnya Anda mulai belajar mengelola keuangan usaha dengan baik agar tidak mengalami kesulitan bila usaha Anda berkembang. Pengusaha harus dapat membedakan dana yang dikelola dalam bisnisnya dengan dana pribadi. Maka, keuangan bisnis yang Anda kelola akan berjalan teratur dari segi pemasukan, pengeluaran serta aset bisnis.

3. Belajar dari pengalaman

Anda harus memahami bahwa dalam menekuni suatu bisnis sampingan terdapat proses yang tidak mudah dan memakan waktu yang lama. Dengan belajar dari pengalaman masa lalu, Anda seharusnya bisa menentukan mana keputusan yang tepat. Pentingnya peran belajar dan berbisnis yang seimbang harus Anda jalankan tanpa ada yang terabaikan. Jika perlu, Anda dapat mencari seorang mentor yang akan mengajarkan Anda untuk tetap fokus dalam menjalankan dua peran penting tersebut.

4. Kerjakan Aktivitas yang Penting

Sebagai pengusaha yang merangkap status menjadi karyawan perusahaan tentunya menyita tenaga, waktu dan pikiran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengerjakan hal yang dirasa tidak terlalu penting. Sebaik mungkin gunakan waktu luang Anda untuk mengevaluasi kinerja bisnis yang baru Anda rintis, dan buatlah rencana kerja ke depannya sehingga setiap waktu Anda dapat digunakan dengan efektif. 

Demikian tips yang dapat membantu Anda dalam memulai bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan walaupun masih berstatus karyawan.

0 komentar:

Posting Komentar