Selasa, 25 November 2014

4 Tips Manajemen Waktu dalam Berbisnis


Pada dunia bisnis, manajemen waktu merupakan peranan penting bagi para pengusaha yang menjalankan usahanya agar efektif dan produktif. Tidak jarang banyak pebisnis yang baru memulai usahanya mengalami kesulitan karena tidak menggunakan manajemen waktu. Berikut ini tips yang akan kami berikan bagi para pebisnis yang baru memulai usahanya supaya dapat mengatur  waktu pekerjaan dengan efisien dan produktif.

1. Tetapkan Waktu Cek Email

Dewasa ini email merupakan salah satu media yang paling penting dalam berbisnis karena dapat digunakan  dalam pengiriman maupun menerima pesan dari customer maupun rekan bisnis. Selain itu pesan email juga dapat kita baca secara langsung dengan menggunakan smartphone atau laptop dimana saja. Namun para pebisnis biasanya tidak menyadari ketika mereka terus menerus menggunakan waktu mereka untuk mengecek email. Jangka waktu yang digunakan dalam mengecek email biasanya berkisar 5-10 menit untuk sekali pengecekan. Tetunya dalam sehari Anda bisa mengecek lebih dari sekali sehingga tidak efisien. Jadi sudah seharusnya Anda mengatur waktu jadwal dalam mengecek dan membalas email pada pagi hari, siang hari, sore atau malam hari. Dengan begitu waktu Anda sudah tersusun dan terjadwal sehingga waktu dalam mengelola bisnis dapat dimaksimalkan tanpa adanya gangguan untuk mengecek email. Harus disadari bahwa dalam mengatur penjadwalan email ini juga merupakan pelatihan kedisiplinan Anda. Sekarang Anda dapat memahami bagaimana memanajemen waktu Anda untuk mengelola email dengan baik dengan tidak mengganggu aktivitas bisnis Anda sehari-hari.
2. Fokus pada satu pekerjaan

Ketika menjalankan aktivitas bisnis maupun pekerjaan sehari hari, ada kalanya Anda menginginkan untuk dapat mengerjakan banyak hal yang ingin diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. Memang ini terlihat baik dan efisien tetapi hal ini kurang tepat. Penelitian para ahli berpendapat bahwa orang yang melakukan pekerjaan lebih dari satu secara bersamaan sangat tidak efisien karena hasil yang didapat menjadi kurang maksimal. Serta dapat membuat hasil pekerjaan Anda menjadi buruk karena kurang fokus. Tidak jauh berbeda dalam dunia bisnis, Anda harus memfokuskan satu pekerjaan meskipun muncul ide-ide baru yang membuat Anda bersemangat sehingga pekerjaan selesai tepat pada waktunya. Oleh karena itu manajemen waktu sangat diperlukan supaya Anda dapat memfokuskan pekerjaan satu demi satu.
3. Tentukan Tujuan dan Target

Saat Anda mulai mengelola bisnis yang sedang berjalan, manajemen waktu sangat erat kaitannya dengan tujuan dan target yang akan datang. Ketika tujuan dan target telah ditetapkan, maka Anda dapat mengatur waktu dengan baik dalam mencapai tujuan tersebut.
4. Tulis Jadwal Kegiatan Bisnis
Menuliskan agenda sebelum melakukan aktivitas yang ingin dilakukan merupakan bentuk memanajemen waktu. Ini sangat penting agar setiap aktivitas Anda dapat tertata rapi dan dilakukan dengan tepat waktu. Dengan menuliskan pada To Do List Anda akan berhasil dalam memanajemen waktu ketika terbiasa untuk melakukan apa yang telah direncanakan.

Demikian 4 tips yang dapat Anda lakukan dalam memanajemen waktu bagi yang baru memulai bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar