1. Tentukan Realitas Tujuan
Sebelum membuat akun Facebook bagi bisnis Anda harus dipahami bahwa dalam memasarkan dalam media sosial tentulah membutuhkan proses dan waktu. Dengan menentukan target calon konsumen kemudian kumpulkan pada halaman Facebook bisnis Anda sedikit demi sedikit sehingga pencapaian besar di masa datang dapat terealisasi. Tetapi jika Anda mendapatkan hasil yang melebihi ekspetasi dari rencana awal. Syukurilah, maka Anda sudah di jalan yang tepat.
2. Luangkan Waktu
Jika Anda mempunyai waktu luang, cobalah sisihkan waktu untuk mengupdate postingan Facebook bisnis Anda. Sehingga para konsumen dapat berinteraksi ataupun memberikan saran dan kritik demi membangun bisnis Anda.
3. Belajar, belajar dan belajar
Setelah berhasil mengelola halaman Facebook bisnis Anda. Cermati apa yang telah Anda lakukan selama ini, mungkin ada hal yang Anda yang ingin pertanyakan. Segeralah bertanya kepada seseorang yang ahli atau mencari tahu pada google agar masalah dapat terpecahkan. Saat ini Anda sudah dimudahkan dengan berbagai macam sumber informasi yang dapat dijadikan referensi dalam mengambil keputusan. Bisa dari google yang kemudian merujuk pada sumber informasi yang cocok dengan apa yang Anda cari.
4. Awali dengan budget kecil
Jika Anda memiliki biaya iklan pada Facebook, lakukan analisa setelah penayangan iklan bisnis Anda tersebut. Dengan melakukan riset kecil, Anda dapat mengambil keputusan dengan biaya iklan tersebut. Apakah dapat dipertahankan atau tidak. Selain itu Anda juga bisa memetakan pasar calon konsumen dari bisnis Anda.
5. Buatlah halaman Fanpage
Usahakan jangan membuat profil Facebook untuk bisnis Anda, tetapi sangat dianjurkan gunakan halaman Facebook agar tidak menyalahi aturan. Apabila Anda telah membuat halaman Fanpage, undang semua teman yang Anda miliki untuk menjadi fans pertama.
6. Update Status
Seringkali dalam mengelola halaman Facebook hanya update status diawal saja sampai tidak terurus lagi. Ini menyebabkan tidak terjadinya interaksi dengan para calon konsumen potensial Anda. Usahakan untuk teratur dalam memberikan berita update terkini.
7. Sapa para Fans Anda
Dengan mengucapkan terimakasih kepada seseorang yang memberikan saran dan kritik. Kemudian meresponnya dengan cepat, membuat para fans merasa diperhatikan dan membuat nilai tambah terhadap brand Anda.
8. Berhenti membuat Spam
Kebanyakan orang telah menghabiskan waktu mereka untuk melihat spam yang mengganggu aktivitas mereka. Oleh karena itu, jangan gunakan spam untuk mencuri perhatian calon konsumen Anda. Cukup gunakan status Facebook dalam memberikan informasi sehingga interaksi dapat terjalin.
9. Gunakan kupon diskon
Menarik perhatian para konsumen bukanlah perkara mudah. Dengan adanya promosi berupa kupon diskon memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mencoba produk Anda. Laksanakan secara berulang dengan waktu yang teratur sehingga pelanggan tetap menggunakan produk Anda.
10. Gunakan sistem membership
Membuat sistem anggota merupakan suatu keuntungan dalam menjalankan bisnis Anda karena dapat menarik perhatian pelanggan dengan memberikan penawaran terbaik. Dengan sistem keanggotaan, berikan fasilitas maupun penawaran yang berbeda daripada bukan anggota.
Demikian sepuluh tips cara promosi yang bisa Anda terapkan dengan menggunakan Facebook tanpa biaya yang besar. Semoga berguna bagi Anda yang bingung dalam memanfaatkan Facebook sebagai media promosi.
0 komentar:
Posting Komentar